Rabu, 18 Desember 2013

Jambu biji bisa menurunkan tekanan darah?



     Saat ini penyakit degeneratif merupakan penyakit yang sangat ditakuti. Ada berbegai macam penyakit degeneratif, salah satunya adalah hipertensi yang bisa menimbulkan penyakit degeneratif lainnya, semisal jantung koroner dan stroke. Terkait dengan hal tersebut, saat ini semakin banyak dicari alternatif pengganti obat kimia yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

     Jambu biji merah (Psidium guajava) merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh ayub dkk.(2010) berikut ini sangat menarik untuk kita cermati. 


     Kandungan nutrisi

     Jambu biji merah memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagus. berikut adalah tabel yang menyajikan kandungan nutrisi tersebut.


     Aktivitas antioksidan

     Jambu biji merah memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Setelah dilakukan pengujian anti radikal bebas dengan menggunakan uji DPPH, didapatkan hasil seperti yang tersaji dalam tabel berikut ini.



      Kemampuan menurunkan tekanan darah

     Pengujian dilakukan pada tikus yang ditingkatkan tekanan darahnya secara spontan. penurunan tekanan darah sistolik terjadi cukup signifikan pada sampel tikus yang diberi rangsum ekstrak jambu biji merah. peningkatan penurunan tekanan darah tersebut seiring dengan bertanbahnya dosis yang diberikan. Berikut ini adalah kurva yang menyajikan hasil tersebut.




Kunjungi juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar